Langsung ke konten utama

Unggulan

Resep Nasi Goreng Be Paseh

baru apdet lagi sodara-sodara :D soalnya bingung mau posting apaan lagi, setelah mikir-mikir (luaaamaaaa banget) akhirnya berencana untuk posting resep nasi goreng ini. kenapa saya posting ? karena resep ini sudah pernah saya praktekkan saat semester 3 waktu lagi final dasar boga. alasan kenapa milih buat olah masakan ini, karena simple pake banget, dan enyak XD (waktu itu, habis penilaian sama dosen, junior junior disuruh icip-icip kata mereka nasi gorengnya enak XD ) ga usah berlama-lama lagi ini resepnya sumber resep : buletin Unilever food solutions "Inspirasi Terkini" edisi 3, September-November re-cooking: by me  bahan dasar (bahan dasarnya untuk 1 porsi) : nasi putih                          300 gram telur  (dikocok)                  60 gram ( saya pake 1 butir yang ukurannya agak besar ) bumbu be paseh                 15 gram udang kupas potong dadu  40 gram tomat (potong dadu)          15 gram sereh (dicincang)                8 gram (ingat ya dicincan

Pengertian Stock (Kaldu)

Kaldu atau stock adalah kuah dari perebusan tulang dan daging dan ditambah sayur-sayuran dan bumbu-bumbuan. Tulang dan daging akan memberikan rasa dari ciri kaldu tersebut. Sedangkan sayur-sayurannya akan memberikan aroma.

Fungsi Stock ialah :
1 . untuk bahan penyedap yang ditambahkan pada masakan tertentu
2. untuk bahan dasar dalam membuat  soup dan sauce
3. untuk meransang indera penciuman sehingga membangkitkan selera makan
Fungsi lainnya, sebagai nutrisi yang diberikan untuk orang sakit

Macam-macam stock :
1. White Stock/kaldu putih yaitu kaldu yang dihasilkan dari perebusan tulang dan sayuran tanpa proses penggosongan tula. White stock ini tampak bening dan jernih.
2. Brown stock/kaldu coklat yaitu kaldu yang didapat dari proses perebusan tulang dan sayuran yang sudah digosongkan sebelum direbus.

Bahan dasar pembuatan stock/kaldu. Ada 6 komponen bahan :
1. Tulang (ayam, ikan, dan sapi)
2. Daging
3. Mire Poix, berasal dari nabati yang terdiri dari wortel, bawang bombay, daun bawang, dan daun seledri.
4. Bouqet Garnie (pemberi aroma). terdiri dari Bayleaf, Thyme, Pepper, dan cengkeh
5. Produk asam, hanya untuk brown stock. contoh : Tomat
6. Garam dan Lada (salt and Pepper)

Alat-alat yang digunakan untuk membuat stock :
1. Stock Pot
2. roasting pan
3. chopping board
4. vegetable knife
5. bone knife
6. Perforate spoon/ skimmer
7. Tammy cloth / Muslim cloth
8. Concial Strainner

untuk penyimpanan, stock dapat disimpan di dalam kulkas selama 1 minggu (jika ditaruh dibawah), selama 3 bulan (jika ditaruh di freezer). memasukkan stock harus betul-betul dingin agar mikroba tidak berkembang dalam tulang dan diberikan label (tanggal produksinya).


Sumber : catatan pribadi

Komentar

Postingan Populer